Diary of an IT Guy #AnakBinus

Build Bridges, not Walls. Collaboration Forever!

Posts Tagged ‘setan

And in the end…

leave a comment »

Alkisah di sebuah pesantren, Seorang Ustadz memiliki burung sejenis Beo yang terlatih untuk berdzikir seperti: Assalamu’alaikum, Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar, dan lainnya….

Suatu hari, pintu kurungan terbuka & burung itu terbang bebas. Sontak para santri mengejar burung milik guru mereka, sementara si burung terbang tidak terkontrol dan tertabrak kendaraan yang melintas dengan kencang hingga terkapar sekarat lalu meninggal.

Sang Ustadz terlihat berbeda raut wajahnya setelah burungnya mati, nampak sekali sedih hingga seminggu lamanya. Para santri yang melihatnya pun mengira Ustadz nya bersedih karena burungnya mati, mereka berkata:

“Ustadz, jika hanya burung yang membuat ustadz sedih, kami sanggup menggantinya dengan yang bisa berdzikir juga. Tak perlu ustadz bermurung hingga sedemikian lamanya!”

Sang Ustadz menjawab: “Aku bukan bersedih karena burung itu.”

Para Santri: “Lantas kenapa ustadz..???”

Sang Ustadz: “Kalian melihat bagaimana burung itu sekarat setelah tertabrak?”

Para Santri: “Ya, kami melihatnya.”

Sang Ustadz: “Burung itu hanya bersuara KKKKAAKK, KKKKHHEEK, KKKKAAKK, KKKKHHEEK,,, padahal sudah terlatih berdzikir sedemikian rupa, namun saat merasakan PERIHNYA sakaratul maut menjemput, hanya perih yang terasa.”

“Lalu aku teringat diriku, yang setiap hari terbiasa berdzikir, JANGAN-JANGAN NASIBKU SAMA SEPERTI BURUNG ITU, TAK KUAT MENAHAN SAKARAT LALU BUKAN DZIKIR YANG KUUCAPKAN.

Padahal burung itu tidak diganggu setan saat sakaratul maut, sedangkan manusia diganggu setan saat sakaratul maut. Tidak ada yang tahu bagaimana keadaan kita mati, KHUSNUL KHOTIMAH ataukah SU’UL KHOTIMAH..???”

Para Santri pun terdiam dan membenarkan Sang Ustadz, dan mereka pun ikut murung memikirkan hal yang serupa dengan Ustadz-nya.

Lalu bagaimana keadaan kita saat menjemput sakaratul maut nanti…???

Written by isal

11 Januari 2013 at 11:44

Godaan Setan Dari Segala Arah

leave a comment »

Sesungguhnya, manusia, manakala hatinya mati atau membatu, manakala akalnya padam atau menyimpang, manakala kalah dalam pertarungan dengan setan, manakala langkah yg ditempuh keluar dari rel agama yang diajarkan, sesungguhnya pada saat itu semakin banyak pintu masuk kejahatan dalam dirinya. Apalagi, setan itu mengalir dalam diri manusia sealiran dengan darahnya. Seorang manusia yang immunitas kejiwaannya lemah akan dikuasai setan.

Iblis menjawab, “Karena Engkau telah menghukumku tersesat, aku benar-benar aan menghalang-halangi mereka dari jalan Engkau yang lurus. Kemudian aku akan mendatangi mereka dari depan dan dari belakang mereka, dari kanan dan kiri mereka” (QS Al-A’raf 16-17)

Berdasarkan surah tersebut, setan mengganggu dari berbagai arah, berbagai celah, dan berbagai kesempatan. Saat melakukan kebaikan pun, setan terus menggoda dengan menimbulkan perasaan bangga dan riya’ atas kebaikan yang telah dilakukan. Saat melaksanakan shalat pun, pikiran bisa saja diganggu utk beralih memikirkan dunia, utk mengalihkan pikiran kepada selain Allah. Maka, manusia hendaklah waspada setiap saat dari godaan-godaan setan tersebut.

Written by isal

20 Juli 2012 at 18:51

Ustadz, mohon beri kami nasihat…

leave a comment »

1. Sahabatku.. Jauhi dosa disaat kau sendirian, krn itu salah satu kejujuran iman #bahayadosa

2. Sahabatku, membuka aurat adlah ciri perdaban jahilah, karenanya semakin jahiliah suatu kaum semakin dekat kpd budaya telanjang. #bahayadosa

3. Sahabatku, pagi yg cerah menunjukkan keagunganNya, sungguh celaka manusia yg begitu mudah merendahkan Allah, sibuk dg dosa. #bahayadosa

4. Sahabatku, di antara manfaat doa pagi dan sore adlh untuk menangkal syetan dan terjauhkan dari dosa. Selamat mengamalkan. #bahayadosa

5. Shabatku, tadinya orng itu msh baik, rajin ibadah, ttpi krna selalu sndirian akhrnya setan menyergapnya, lalu terbiasa berdosa. #bahayadosa

6. Sahabatku, terimakasih atas ucapan selamat, bahwa hidup harus saling memperhatikan, agar terjaga dari dosa. #bahayadosa

7. Sahbatku, Islam itu damai, krenanya setiap yg merusak brupa kezaliman, maksiat dan dosa, dilawan oleh Islam dn diancam dg azab. #bahayadosa

8. Sahabatku, setiap tndakan yg mendekati hukumnya haram/termasuk dosa. inilah makna ayat laa taqrabuu (jangan mendekati) dosa. #bahayadosa

9. Sahabatku, setiap dosa yg dilakukan seseorang itu akan mencabut keberkahan dlm hidupnya. Karenany Allah benci kpd pendosa. #bahayadosa

10. Shbtku, dlm prang Uhud, Allah mncabut kemenangan krena dosa sbagian sahabat, ini bukti bhwa dosa penghalang turunnya nasrullah. #bahayadosa

11. Shbatku, bkankah Allah telah ciptakan kita, jaga kita, sdiakan fasilitas hidup untuk kita? Maka alasan apa mnusia berbuat dosa? #bahayadosa

12. Shabatku, sungguh tidak ada setan yg baik, tapi kok semakin banyak manusia yg ikut jejaknya dan tertipu olehnya. Memalukan #bahayadosa

13. Sahabatku, setiap harta haram, dimakan, atau dipake sama saja, tetap akan menghalangi diterimanya doa dan ibadah. #bahayadosa

14. Sahabtku, Menghardik anak yatim adlah jalan kehinaan, dan memulyakan mereka adalah jln kemuliaan. #bahayadosa

15. Sahabatku, wanita dimulyakan oleh Allah sebagai perhiasan, karennya harus ditutup auratnya, sehingga tetap bersih dan mulia. #bahayadosa

16. Sahabatku, seandainya wajah iblis ditampakkan niscaya tidak ada manusia yg ikut iblis, karena saking buruknya. #bahayadosa

17. Sahabtku, sebetulnya setan sangat lemah, ia menang karena memanfaatkan kelemahan iman kita. Selamat berjuang. #Bahayadosa

18. Sahabtku, tip jitu untk taklukkan setan, jangan biarkan waktu satu detikpun kosong, kecuali diisi dg amal baik. #Bahayadosa

Disarikan dari FB & twitter Ust. Amir Faishol Fath
http://www.facebook.com/amirfaisholfath

Written by isal

26 Mei 2012 at 16:46

Ditulis dalam Power

Tagged with , , , , ,

Tiga Nenek Moyang Dosa

leave a comment »

Kata Pak Kiai, manusia tidak lepas dari dosa. Berikut adalah ’embah’-nya sifat jahat (dosa) pada makhluk bernama manusia, sejak bapak moyangnya manusia diciptakan pertama kali:

  1. Sombong : sehingga iblis diusir dari surga. Sampai sekarang sifat ini menghampiri setiap manusia. Misal ketika dia kere dia baik, supel dan ramah. Namun ketika dia kaya dia tidak mau bersosialisasi lagi.
  2.  Serakah: sehingga Adam dan Hawa memakan buah terlarang (khuldi ) sehingga diturunkan dari surga ke bumi. Contoh manusia serakah zaman ini banyak banget. yang paling trend di Indonrsia adalah para pejabat yang korupsi. Juga para pengusaha yang serakah merusak hutan/alam demi keuntungan sebanyak-banyaknya.
  3. Hasad alias iri dengki: sehingga anaknya nabi Adam yakni qabil membunuh saudaranya, Habil. Contoh zaman sekarang sifat hasad manusia yakni iri alias tidak senang orang lain mendapatkan rejeki atau maju.

Demikian, semoga kita terhindar dari sifat yang demikian.

Written by isal

25 November 2011 at 13:09

Ditulis dalam Power

Tagged with , , , , , , , , , ,

Wahai jiwa…

leave a comment »

Wahai jiwa…
Ketahuilah… iblis akan senantiasa datang menggoda seorang hamba,
hingga ajal menjelang..

Sesungguhnya iblis  masuk tatkala syahwat memuncak…
Juga tatkala amarah memuncak…
Kesedihan dan penyesalan akan terasa,
sehingga bumi yang luas terasa sempit…

Sesungguhnya manusia itu diciptakan dalam keadaan tidak stabil, gelisah, mudah berubah.
Bila menerima kegagalan & keburukan mudah berputus asa.
Bila menerima kesuksesan, keberhasilan, kebaikan gampang lupa diri.
Kecuali orang-orang yang sholat.
Yaitu yang terus-menerus kontinu dalam sholatnya.

Wahai jiwa, kembalilah kepada ridho Allah…

Written by isal

23 Agustus 2011 at 05:39

Beberapa contoh bisikan iblis

with 3 comments

Beberapa contoh bisikan iblis ke dalam hati sehingga menghancurkan keikhlasan manusia terhadap Tuhan-nya :

  • Iblis : “lakukan saja.. kan cuman sekali mumpung gak ada orang di rumah, Tuhan kan maha pengampun & penyayang”..
  • Iblis : “ayo gak apa-apa lakukan saja..dia kan sudah pasti calon suamimu.. kan tanggal nikahnya sudah pasti”…
  • Iblis : “gpp ya sayang, sekali ini saja..aku janji deh tanggung jawab and nikahin kamu..”
  • Iblis : “wah ibadah kamu bagus deh..soleh sekali banget sih kamu..kamu paling benar deh.. si fulan itu kagak ada apa-apanya”..
  • Iblis :  ” udah kasih 5 rebu aja..ngapain kasih amplop 50 rebu.. mereka kan kaya! resepsinya mewah lagi ngundang artis”..
  • Iblis : “sedekah kan bagus, tapi jangan terlalu sering, nanti kamu bisa jatuh miskin lho..”

Ya begitulah bisikan Iblis di dalam kehidupan manusia. Iblis tak akan lelah dalam menjerumuskan manusia ke pintu kenistaan sampai maut menjelang..

Written by isal

3 Agustus 2010 at 09:40

Ditulis dalam Power

Tagged with , , , , , , , , ,

Setan, Teman Tidak Mesra

with 2 comments

Mudah-mudahan renungan di bawah ini dapat menjadi cambuk dan nasehat bagi diri. Wahai diri, wahai jiwa berhati-hatilah…

=====

Ramadan terjalani sudah. Setan dibelenggu, agar manusia khusyuk beribadah. Ramai-ramai menabung pahala, dan kembali fitri tatkala bulan penuh berkah ini mengikuti putaran waktu, memasuki fitrahnya, balik seperti sediakala. Benarkah jika setan ‘absen’ menggoda terjamin keharmonisan dunia? Di bulan suci ini rasanya menarik untuk bicara soal itu.

Istilah setan atau iblis hanya ada dalam agama samawi, ‘agama langit’. Yahudi, Kristen dan Islam meyakini itu. Dia semula makhluk penjaga harta surga, dan dilaknat Allah ketika menolak untuk mengakui eksistensi Nabi Adam sebagai makhluk paling mulia. Itu karena setan terbuat dari api, sedang Adam ‘hanya’ terbuat dari tanah.

Setan tidaklah terbilang jumlahnya. Ahli tafsir memprediksi, kuantitas malaikat paling banyak, disusul setan dan manusia. Disebutnya, jika ada bilangan sepuluh, maka yang sembilan adalah malaikat, satu itu setan dan manusia. Kalau satu itu dibulatkan menjadi sepuluh, maka yang sembilan itu adalah setan, sedang yang satu itu manusia.

Manusia, setan dan malaikat adalah menyatu. Poros penyatuan itu ada dalam diri manusia. Saban manusia ditemani dua malaikat yang bertindak sebagai ‘akuntan’ untuk menghitung baik dan buruk. Dan diasumsikan terdapat tiga setan yang ‘mengaduk-aduk’ jeroan manusia. Mereka membisiki dan mempengaruhi agar berbuat tercela.
Baca entri selengkapnya »

Written by isal

4 September 2008 at 12:37

%d blogger menyukai ini: