Diary of an IT Guy #AnakBinus

Build Bridges, not Walls. Collaboration Forever!

Tips melindungi komputer dari serangan jahat

leave a comment »

Menurut pandangan saya dengan menerapkan system keamanan yang terkini belum cukup untuk melindungi network dan komputer dari serangan. Karena serangan masih tetap akan terbuka untuk terjadi jika tidak didukung kebiasaan/habbits dan security awareness. Beberapa contoh security habbits yang perlu ditumbuhkan untuk meminimalisir serangan dan risiko keamanan:

  1. Selalu berpikir dua kali jika mau membuka atachment email. Pastikan email berasal dari legitimate user. Jangan membuka email yang berisi file yang bersifat executable seperti file yang berakhiran *.exe, *.scr, *.js, *msi, dll.
  2. Berhati-hati mengklik link dari pengirim email yang tidak dikenal. Bisa jadi ketika diklik itu berisi link yang menuju situs yang mengandung trojan. Atau jika email itu berisi dari orang dikenal tapi isinya mencurigakan maka sebaiknya mengkonfirmasi langsung kepada yang bersangkutan apakah benar mengirim email tersebut.
  3. Lindungi password kita. Salah satunya tidak menempelkan password di kertas pada sembarang tempat. Juga buatklah passsword yang kuat minimal 8 karakter dan berisi huruf kapital, angka dan karakter unik. Lakukanlah pergantian password minimal 2 bulan sekali. Hal ini akan membantu kita melindungi diri dari insiden keamanan
  4. Lindungi perangkat yang kita pakai seperti laptop dengan selalu menguncinya (lock) jika kita meninggalkan meja kerja. Hal ini juga berlaku untuk perangkat mobile.
  5. Setiap kali menjelajah internet, usahakan menggunakan browser yang terupdate. Selain itu pula aktifkan fitur Tracking Protection agar browser bisa memblock beberapa cookie yang bisa membahayakan privasi kita. Bersihkan cache dan cookie ketika browser ditutup.
  6. Selalu melakukan backup rutin pada file-file penting. Kita tidak tahu kapan serangan itu terjadi. Oleh karenanya backup adalah kebiasaan yang cukup penting.
  7. Hapus setiap informasi sensitif setiap kita sudah menggunakannya. Misal mengikuti policy yang mana setiap HDD bekas baik itu rusak maupun tidak wajib untuk dihancurkan.

Written by isal

4 Desember 2019 pada 22:57

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: