Diary of an IT Guy #AnakBinus

Build Bridges, not Walls. Collaboration Forever!

Mengenal RSS

with 2 comments

RSS (bukan Rumah sangat Sederhana) tapi Really Simple Syndication merupakan distribusi konten yang berbasiskan format XML (eXtensible Markup Language). Biasanya media online besar seperti BBC.Com, Google News dan Kompas.com menyediakan feed RSS dari konten yang ada untuk bisa digunakan atau dipush ke aplikasi RSS Reader (news reader) dan blog. Demikian juga provider penyedia blog seperti wordpress dan blogger menyediakan fasilitas RSS untuk para penggunanya. Icon RSS biasanya berupa image kuning seperti ini

Feed ini berisi headline/ringkasan dimana link headline tsb apabila diklik akan menuju ke situs penyedia RSS tersebut untuk mendapatkan artikel lengkapnya. Feed RSS ini merupakan layanan gratis dan sangat efisien agar para pengunjung setia situs tersebut mendapatkan update terbaru dari situs tersebut. Jadi update berita terbaru di suatu situs dapat dipush ke RSS reader (e.g Firefox, Operamini, RssReader.Com) atau ke konten blog. Apalagi kalau Anda menggunakan program seperti RssReader dan Mozilla Thunderbird, maka akses berita misal dari Kompas akan dapat dinikmati layaknya membaca email karena secara otomatis dipush ke program tersebut shg dapat Anda baca offline 🙂

Saat ini HP saya dengan menggunakan browser Operamini berlangganan RSS feed dari beberapa situs antara lain dari Kompas dan dari beberapa blog seperti Blognya Pak Budi dan Blognya mas Anjar. Jadi pas buka operamini, kemudian klik icon RSS feednya alhasil akan ketahuan berapa berita yang update di masing-masing situs tersebut.

Namun sayang kok situs segede Detik.Com kok gak menyediakan fasilitas RSS. Sepertinya sih sudah tersedia namun kayaknya ada error sehingga feed RSS-nya tidak bisa dibuka.

Sudahkah Anda menggunakan fasilitas RSS juga?

Written by isal

19 Mei 2008 pada 13:25

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Sudah banget. Bahkan saya memasang RSS Feed widget di sidebar blog saya. Salam kenal.

    Rafki RS

    19 Mei 2008 at 17:07

  2. salam kenal ,, wahh……… bagussssss ya mas, blog dijadikan ajang keluarga, kalau bleh tahu, anaknya udah berapa..? enaak ya udah keluarga, aku sih beluum, soalnya lagi kuliah.
    salam deh ama keluarganya, anak2 semua dehhhhh……
    itu masang foto nya gimana ……..? tolong jawab dong……? di;
    http://www.212baca.wordpress.com
    suwuuuuuuuuun.
    http://www.layananiklan.com

    sunny2008

    24 Mei 2008 at 21:34


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: