Diary of an IT Guy #AnakBinus

Build Bridges, not Walls. Collaboration Forever!

Spam Merajalela

leave a comment »

Bulan agustus ini spam bener-bener bikin “keder”. Buanyak banget. Sehari server bisa dapet sekitar 500 email sampah. Yah kerjaan admin buat screening tiap beberapa jam dengan maksud untuk mendelete spam atau untuk meng-unblock beberapa legitimate email yang masuk. Namun email dari client sih sangat jarang nyangkut di antispam. Lumayan berguna juga neh antispam coz gratis (bawaannya Exchange SP2). Kalau gak ada wah bisa berabe. Keluar dollar lagi buat beli antispam (e.g GFI mail essential).

Sekarang spam sangat cepat update pattern-nya. Dan yan gpaling sering lolos adalah spam tanpa judul yang mencantumkan attachment file PDF. Wueedan. Dan dikirimnya akan dua kalipat di hari sabtu-minggu. So hari senin lagi-lagi kerjaan admin buat ngebresihin seribuan lebih spam. Ada isu bahwa attachment yang dikirim berikutnya adalah *.doc. Halah..

Well kejadian spam ini memang sudah mendunia. Kalau dilihat di layanan manage service antispam nomor kelas wahid dunia yakni Postini, hampir 89% email yang masuk ke customer-nya dia e.g Merrill Lynch, BASF, etc adalah spam. See www.postini.com/stats/ . Dan saya yakin kantor lain juga kena. Apalagi yang program antispam-nya e.g SpamAssasin-nya jarang diupdate dan di-train. Wah pasti kena bombardir.

Meskipun sudah pake antispam, tetap aja masih ada yang lolos 1 atau dua spam. Dan ini kadang bikin jengkel user dan tinggal tunjuk hidung ke bagian IT. bah! Ok mungkin pintar-pintar-nya admin untuk men-trim level spam confidence agar supaya spam bisa disaring tanpa mengorbankan legitimate email.

Btw memang untuk solusi antisapam ini sudah banyak alternatifnya misal dengan menggunakan DNSBL dari spamhaus / SORBS (ip blacklist) , install software antispam (GFI mail essential) sampai ke layanan routing MX seperti Postini dan Messagelabs. nah untuk layanan routing MX ini banyak dipake untuk company besar yang cabangnya banyak di seluruh dunia. Dimana mereka gak mau repot untuk install software/hardware tambahan. Tinggal routing saja email2 yang masuk/keluar ke server postini, udah deh email yang bersihnya tinggal dipush ke mail server pelanggan. Terima bersih. beres. Tapi tetep juga harus diset spam level confidence-nya karena pasti suka terjadi FALSE POSITIVE. Namun ya itu layanan ini cukup mahal juga. 1 email bisa 3USD perbulannya bayar. Belum kalau kita ingin nambah space mail spooling-nya bayar lagi per MB. Wah spam bener2 jadi lahan bisnis juga.

jangan-jangan yang nyebarin spam mereka juga? Ah balik lagi ke teori konspirasi.

Written by isal

15 Agustus 2007 pada 11:55

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: